50+ Contoh Makalah Yang Baik dan Benar Sesuai Sistematika


    Jadikanlah 50 Contoh Makalah Yang Baik dan Benar Sesuai Sistematika yang sudah jadi ini sebagai ide atau referensi tambahan bagi kamu para siswa yang memang sedang memiliki tugas di sekolah maupun mahasiswa di kampus.
    Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa saja yang harus dipahami mengenai makalah ini, karena pada kenyataannya memang memiliki kaidah yang luas jika dikaji secara mendalam. Silahkan gunakan table of contents di bawah ini untuk memudahkan kamu menemukan pembahasan yang sedang dicari!

    Semakin kita berusaha untuk mengetahui tentang seluk beluk makalah, maka itu akan semakin baik untuk menambah wawasan secara meluas dan pemahaman yang tepat. Alhasil nanti kamu tidak hanya bisa membuat hanya karena mencontoh dari contoh yang saya sediakan, tetapi justru nantinya akan lebih paham mengenai deskrispsi dari setiap Bagian Isi, Jenis-jenis beserta dengan Sistematika Penulisannya.
    Contoh Makalah Yang Baik dan Benar Sesuai Sistematika

    Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ciri-Ciri, Sistematika dan Contoh Makalah

    Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah topik tertentu berdasarkan hasil kajian pustaka (teori) atau hasil pengamatan (penelitian) yang dilakukan oleh perorangan (individu) maupun kelompok (tim).

    Atau bisa juga Pengertian Makalah adalah karya tulis atau media informasi yang memuat pemikiran tentang topik suatu masalah tertentu, bersifat ilmiah yang ditulis secara sistematik disertai analisis logis dan objektif atau dilandasi suatu teori dan penelitian lapangan.

    Tujuan Makalah

    Mendengar kata makalah tentu saja sudah tidak asing lagi, terutama bagi kamu-kamu yang sedang menuntut ilmu di sekolah maupun kampus, karena biasanya kalian pasti pernah mendapatkan tugas dari Guru atau Dosen untuk membuat sebuh makalah. Tetapi, sebenarnya apa tujuan penulisan makalah ini? Berikut ini adalah tujuannya yang saya kutip dari wikipedia:
    1. Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
    2. Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian dengan benar dan teratur.
    3. Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
    4. Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan siswa/mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
    5. Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
    Dari ke 5 hal tersebut seharusnya kamu sudah memiliki gambaran dan jauh lebih memahami tujuan makalah dibandingkan sebelumnya.

    Ternyata salah satu poin yang paling bisa menjabarkan tujuannya yaitu menjadikan media / wahana untuk melatih kita mengungkapkan hasil penelitian dalam bentuk karya tulis, menjadikan kita sebagai produsen dan tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan semata dan semua itu dilandasi dengan sistematis dan metodologis.

    Manfaat Makalah

    Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan pada saat membuat sebuah makalah, berdasarkan sumber informasi yang saya dapatkan dari wikipedia, diantaranya yaitu:
    1. Melatih Siswa/Mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif.
    2. Melatih Siswa/Mahasiswa untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber.
    3. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis.
    4. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan.
    5. Memperluas ilmu pengetahuan Siswa/Mahasiswa.
    6. Memperoleh kepuasan intelektual.
    7. Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.
    Bisa disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan 7 performa di atas yaitu dengan membuat sebuah makalah, baik itu secara berkala atau rutin. Seorang Guru / Dosen bisa memberikan tugas kepada siswa / mahasiswa di setiap akhir dari pembahasan sebuah Materi Pelajaran yang memiliki kasus untuk diulas secara mendalam.

    Jenis-jenis Makalah

    Secara garis besar makalah terbagi menjadi 3 Jenis, diantaranya yaitu:
    1. Makalah Induktif : dibuat berdasarkan hasil data empiris yang didapatkan melalui penelitian di lapangan.
    2. Makalah Deduktif: dibuat berdasarkan suatu kajian teori yang dapat diperoleh dari literatur yang sudah ada sebelumnya.
    3. Makalah Campuran: dibuat berdasarkan gabungan antara induktif dan deduktif

    Ciri-Ciri Makalah Yang Baik dan Benar

    Sangatlah penting mengetahui ciri-cirinya, berikut saya paparkan poin-poinnya:
    • Akurat dan menyeluruh (comprehensive):  mengupas masalahnya secara lengkap dan tuntas.
    • Memiliki sumber Info yang baik: sumber referensi terpercaya, makin banyak makin mantap.
    • Seimbang: mengupas fakta, gagasan, dan sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang.
    • Kreatif: Fakta-fakta itu ditata, dianalisa, dipadukan, dan digunakan sebagai dasar asumsi dengan langkah yang inovatif, kreatif, dan orisinal. Jadilah karya berkualiatas tinggi karena kretifitas.
    • Penulisan benar (Secara Teknis): terbebas dari kekeliruan format halaman, style bahasa, tatabahasa, sinyal baca, pemanfaatan kata baik itu kata pengantar atau dalam ejaan
    • Tertata dengan baik: mempunyai tujuan yang jelas dan logis.

    Sistematika penulisan Makalah yang Baik dan Benar

    Pada umumnya sistematika pada pembuatan makalah hampir sama, diantaranya yaitu harus ada :

    COVER
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI
    BAB I. PENDAHULUAN
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Maksud dan Tujuan
    BAB II. PEMBAHASAN
    BAB III. PENUTUP
    DAFTAR PUSTAKA
    LAMPIRAN

    Untuk penjelasan dari setiap komponen sistematika tersebut nanti saya akan jelaskan secara singkat pada bagian bawah artikel, yang penting sekarang kamu mengetahui dulu hal apa saja yang harus kamu tulis di sebuah halaman kosong sebagai kerangka dari pembuatan makalah.

    Format Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar Sesuai Sistematika

    Sekarang silahkan kamu buka Microsoft Word dan buat sebuah halaman kosong lalu atur format halaman tersebut menjadi seperti ini:
    • Kertas : A4.
    • Margin (jarak tepi kertas): Left/Kiri (4 cm), Top/Atas (3 cm), Right/Kanan (3 cm), Bottom/Bawah (3 cm)
    • Font: Times New Roman.
    • Ukuran Font: 12.
    • Spasi: 1,5.
    Format Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar
    Format penulisan makalah sesuai sistematika

    Ok, kita anggap saja kamu sudah selesai membuat halaman dengan format kertas seperti di atas. Sekarang menuju ke penjelasan dari setiap susunan makalah yang nantikan akan dilanjutkan ke kumpulan contoh-contohnya untuk menambah referensi kamu.

    Penjelasan Sistematika Penulisan Makalah disertai dengan Contohnya

    Baiklah sekarang saatnya kita membahas sistematika penulisan makalah dengan mendeskripsikan pengertian secara singkat dilengkapi dengan contohnya supaya kamu bisa langsung mengetahui seperti apa bentuk yang sebenarnya.

    Seperti janji di atas maka sekarang saya akan menjelaskan mengenai  pengertian dari setiap komponen sistematika penulisannya.

    Cover Makalah

    Siapa yang tidak tahu cover dari sebuah makalah maupun berkas laporan lainnya? Sudah jelas bahwa cover merupakan lembar halaman pertama yang berisikan:
    • Judul
    • Logo Sekolah atau Kampus Universitas
    • Data lengkap Penulis (Perorangan / Kelompok) disertai NIS atau NIM
    • Dibagian Akhir terdapat nama Fakultas / Sekolah
    • Tahun Pembuatan Makalah
    Cover Makalah Perorangan
    Cover Makalah Perorangan | Download

    Cover Makalah Kelompok
    Cover Makalah Kelompok | Download

    Dapatkan lebih banyak ide, lihat di artikel : Kumpulan Contoh Makalah Kelompok dan Individu.
    Di sana kamu akan melihat banyak sekali contoh untuk jenjang pendidikan SMP, SMA dan Perkuliahan untuk mahasiswa.

    Kata Pengantar Makalah


    Berdasarkan pengertiannya Kata Pengantar adalah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih kepada individual maupun organisasi, tujuan dan manfaat penulisan diakhiri dengan kritik dan saran yang membangun.

    Fungsi kata pengantar makalah itu sendiri adalah untuk mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah. Sehingga, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang membantu penulisan karya ilmiah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan karya ilmiah yang ditulis.

    Maka dari itu tentu saja sudah menjadi hal lumrah pada setiap makalah tentu pasti kamu menemukan sebuah kata pengantar karena halaman ini termasuk ke sistematika penulisannya.

    Sangat disarankan supaya kamu bisa membuat kata pengantar sendiri, untuk itu ada beberapa unsur yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu:
    • Berisi ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah,
    • Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan karya ilmiah,
    • Penjelasan dan Ucapan terima kasih karena adanya bantuan, bimbingan dan arahan dari pihak-pihak yang dianggap membantu. Misalnya kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi/lembaga,
    • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan,
    • Harapan penulis terhadap karangan tersebut kepada pembaca
    • Manfaat bagi para pembaca dan kesediaan penulis menerima kritik dan saran.
    Contoh Kata Pengantar Makalah
    Sebenarnya dalam membuat sebuah kata pengantar itu ada banyak sekali, semua itu tergantung dari sipenulisnya saja yang penting tidak melebar keluar dari dari unsur - unsur makalah yang sudah saya bahas tadi. Nah ini ada contoh untuk membantu pengembangan ide kamu saat akan membuatnya :

    Contoh Kata Pengantar 1.

    Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah “ Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Aktivitas Pendidikan “ yang dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI-Bahasa tahun ajaran 20. ./20. .

    Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat :
    1. Bapak Drs. Aam Abdullah M, S.Pd., M.m. selaku Kepala SMA Negeri 3 Tasikmalaya serta segenap jajarannya yang telah memberikan kemudahan-kemudahan baik berupa moril maupun materil selama mengikuti pendidikan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya 
    2. Ibu Euis Rina, S.Pd.dselaku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka penyelesaian penyusunan makalah ini 
    3. Rekan-rekan semua di kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Tasikmalaya
    Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkompeten. Amin.

    Garut, 18 Januari 2019
    Penulis


    Kelompok I

    Contoh Kata Pengantar 2.

    Puji dan syukur kami ke hadirat Allah SWT Yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah “Makalah Pemrograman Berorientasi Objek ( PBO )” ini dapat selesai tepat pada waktunya. Shalawat serta Salam semoga tetap tercurahlimpahkan kepada Nabi kita semua Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabat, tabi’in & atbaut tabi’in serta kepada kita semua selaku umatnya.

    Salah satu dari paradigma dalam Pemrograman adalah Pemrograman berorientasi objek ( dalam bahasa Inggris disebut: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur.
    Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

    Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

    Dalam makalah sederhana ini kami dari kelompok III mencoba menggali dan memaparkan isi atau apa – apa saja yang berada didalam Paradigma Pemrograman Berorientasi Objek. Kami berterima kasih kepada Dosen Bahasa Pemrograman Ibu Dewi Tresnawati yang mana tanpa bimbingannya tentunya makalah ini tidak akan selesai sesuai waktu yang telah ditetapkan.

    Kami juga menyadari bahwa makalah sederhana ini tentunya masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu kamu dengan terbuka hati menerima segala bentuk kritik dan saran yang sifatnya membangun guna kesempurnaan makalah ini. Atas segala partisipasinya kami mengucapkan terima kasih.

    Garut, 8 januari 2019
    Penyusun,


    Kelompok III

    Contoh Kata Pengantar 3.
    Syukur alhamdulillah penulis ucapkan kepada Allah SWT karena dengan izin-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan Makalah dengan judul “MAKALAH PROBLEMATIKA NILAI AGAMA “ALIRAN SESAT YANG BERKEMBANG DI INDONESIA” pada mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar STT Garut Semester II

    Penulisan Makalah ini dimaksud untuk melengkapi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi Semester II mata kuliah Ilmu Sosial Budaya. Dalam penulisan Makalah ini banyak pihak yang telah banyak membantu penulis. Untuk itu dengan kerendahan hati, penulis menyampaikan ucapan terima kasih sebesar - besarnya kepada pihak yang telah membantu.

    Penulis menyadari bahwa apa yang talah dilakukan dalam mengerjakan Makalah selama ini jauh dari sempurna. Semua saran, kritik yang sifatnya membangun dari apa yang sudah dilakukan sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis, pembaca dan semua pihak.

    Garut, 16 Mei 2019
    Penulis


    Kelompok I

    Daftar Isi Makalah

    Pengertian daftar isi makalah adalah salah satu elemen penting dalam sebuah makalah, ataupun karya ilmiah lainnya seperti skripsi maupun tesis. Dari halaman inilah pembaca akan dapat dengan mudah menemukan informasi tentang bab, sub bab, isi atau bahasan tertentu yang ingin dibaca melalui nomor halamannya.

    Kenapa begitu pentingnya halaman tersebut? coba saja kamu bayangkan jika seorang pembaca ingin menemukan sebuah pembahasan pada laporan dengan lembar halaman yang begitu banyak, apa jadinya? Pusing? Ya, sama sekali tidak efisien waktu karena sipembaca harus mencarinya secara satu persatu.

    Oleh karena maka itu dibuatlah sebuah halaman daftar isi. Dengan demikian sipembaca akan dengan mudah menemukan langsung ke halaman pembahasan materi yang dia inginkan.

    Contoh Daftar Isi Makalah
    Sebagai gambaran untuk menambah ide atau referensi, berikut beberapa contoh yang bisa kamu gunakan :
    contoh daftar isi makalah
    Contoh Daftar Isi Makalah | Download docx

    Tips:
    • Silahkan berikan nomor kepada semua halaman. Angka 1 dimulai dari BAB I. Pendahuluan dan seterusnya sampai akhir.
    • Halaman Kata Pengantar dan Daftar Isi diberi nomor berupa angka romawi (i, ii) .
    • Setelah itu barulah kamu menuliskan nomor halaman  di daftar isi sesuai dengan judul dan nomor halamannya.

    BAB I. Pendahulan Makalah

    • Latar Belakang: titik tolak atau dasar untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai apa yang ingin penulis sampaikan, disusun dengan baik dan jelas bila bahkan jika diperlukan penulis bisa menertakan data fakta yang mendukung.
    • Rumusan Masalah: 
    • Maksud dan Tujuan

    BAB II. Pembahasan Makalah

    BAB III. PENUTUP MAKALAH

    Daftar Pustaka Makalah

    Lampiran makalah

    Kumpulan Contoh Pembuatan Makalah yang Sudah Jadi

    Guna mendukung semua materi yang telah saya paparkan di bagian atas, maka saya rasa menampilkan berbagai contoh makalah akan jauh lebih membantu bagi kamu yang ingin mengetahui seperti apa bentuk dan isi makalah yang sesuai dengan tema pembahasannya.

    Saya bagikan sesuai dengan pencarian di Google Trend yang lagi populer dicari oleh kalangan siswa / mahasiswa terkait contoh makalah tahun 2019. Tetapi jika diantara kalian ada yang tidak menemukan contoh yang diharapkan maka silahkan hubungi saya melalui halaman kontak, saya berusaha akan membantu dengan senang hati.
    1. Contoh Makalah Mahasiswa
    2. contoh makalah bahasa indonesia
    3. contoh makalah bahasa inggris
    4. contoh makalah matematika
    5. contoh makalah pkn
    6. contoh makalah agama
    7. contoh makalah sejarah
    8. contoh makalah geografi
    9. contoh makalah ekonomi
    10. contoh makalah ips
    11. contoh makalah bilogi
    12. contoh makalah prakarya
    13. contoh makalah seni budaya
    14. contoh makalah globalisasi
    15. contoh makalah kimia
    16. contoh makalah sosiologi
    17. contoh makalah pramuka
    18. contoh makalah wawancara
    19. contoh makalah manajemen
    20. contoh makalah bisnis plan
    21. contoh makalah kewirausahaan
    22. contoh makalah observasi
    23. contoh makalah sederhana / singkat
    24. contoh makalah penelitian
    25. contoh makalah karya ilmiah
    26. contoh makalah demokarasi
    Pada saat kita mendapatkan tugas membuat makalah, baik itu di sekolah maupun di kampus dengan target waktu yang sangat mendesak (deadlane) bahkan sudah tidak ada waktu lagi untuk menundanya, maka jangan khawatir.

    Di sini kamu akan mendapatkan semua trik supaya bisa dengan mudah membuat makalah tanpa harus kebingungan tetapi tetap menghasilkan sebuah makalah yang baik dan benar sesuai sistematika.

    Cara Cepat Membuat Makalah yang Baik dan benar

    Bagi kamu yang ingin membuat makalah dengan cepat dan unik, ini ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan.

    Persiapan Pembuatan Makalah

    Apa yang Harus Dilakukan untuk Membuat Makalah yang Baik dan Benar dengan Cepat?

    Sebelum ke poin pentingnya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui supaya susunan yang kamu buat tidak berantakan.

    Apa saja hal-hal tersebut?
    • Tentukan judul (Sesuai tema tugas kamu)
    • Kumpulkan sumber yang sejenis sebanyak-banyaknya.
    Maksud dari sumber yang sejenis di sini diartikan misalnya kamu akan membuat "Makalah Tentang Atletik". Maka silahkan kamu cari di Google beberapa contoh makalah atau halaman web/blog yang memiliki informasi sama yaitu membahas tentang Atletik untuk dijadikan sebagai perbandingan.
    Mulai cari dari sekarang!
    Jika sudah dapat "Langsung Download" dan kumpulkan dalam satu folder!
    Dari kedua poin silahkan kamu lihat lagi ke Sistematika penulisan.

    Tahapan Membuat Makalah dengan Kombinasi Dari Berbagai Sumber (Referensi)

    Membuat makalah janganlah dibikin pusing, karena kamu bisa melihat bahkan mengedit contoh yang sudah ada. Namun saya tidak menyarankan kamu untuk menyalin seluruh isi makalah milik orang lain secara utuh tanpa ada modifikasi sama sekali.
    Hal itu bukan hanya akan merusak kreatifitas kamu, malah berbahaya apabila makalah yang kamu kumpulkan ternyata sama dengan teman sekelas karena mereka mendapatkannya melalui internet dari sumber yang sama tanpa adanya modifikasi.
    Mari kita kembali ke tahapan pembuatan makalah.
    1. Sekarang buka semua atau sebagian contoh yang telah kamu download tadi.
    2. Lihat bagian BAB I. Pendahuluan! ini sebagai contoh.
    3. Baca sekilas. Pahami isi kalimat tersebut. Terus bandingkan! Salin beberapa paragraf dari setiap contoh ke halaman makalah milik kamu.
    4. Jika terdapat perbedaan pembahasan yang sangat jauh maka hapus paragraf tersebut, ganti dengan kalimat yang se-pembahasan dari sumber makalah lain.
    5. Atau kamu bisa mengubahnya menjadi satu pembahasan dengan cara mengedit susunan kalimat, mengarahkannya sesuai tema judul dan menjadikannya selaras.
    Semua teknik itu digunakan untuk semua BAB, jadi lakukanlah step-step tadi untuk Kata Pengantar, BAB I, BAB II, BAB III, bahkan sampai ke Halaman Penutup.
    Jadi pada intinya, maksud dari pengumpulan contoh makalah tadi itu untuk memberikan ide / gambaran seperti apa susunan kalimat dan kosa kata yang digunakan pada penulisan sebuah makalah dari masing-masing BAB.

    Dari situlah kamu akan mendapatkan ide, mengolah setiap kalimat menjadi unik, lebih lengkap bahkan lebih keren dibandingkan dengan contoh yang dijadikan sumber referensi tadi.

    Semua itu karena kamu telah mengkombinasikan berbagai contoh menjadi satu kesatuan yang disampaikan sesuai pola pikirmu sendiri maka terciptalah sebuah makalah baru.

    OK, untuk trik membuat makalah secara cepat mungkin saya rasa tahapan yang telah disampaikan tadi sudah cukup, sekarang hanya tinggal kamu berkreasi dan memodifikasi sesuai imajinasi.

    0 Response to "50+ Contoh Makalah Yang Baik dan Benar Sesuai Sistematika"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel